Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Partisipasi Pengawasan, Bawaslu Lebak Rangkul Insan Pers dan Aktivis Mahasiswa

Tingkatkan Partisipasi Pengawasan, Bawaslu Lebak Rangkul Insan Pers dan Aktivis Mahasiswa

Lebak, Bawaslu Lebak - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak terus berupaya mengoptimalkan potensi pengawasan pemilu tahun 2024.

Pada hari Jum’at, 29 September 2023, Bawaslu Lebak menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawas Partisipatif di Horison Rahaya Resort dengan menggandeng insan pers dari berbagai media dan aktivis mahasiswa seperti PMII, HMI, GMNI, Kumala dan Imala.

Para peserta nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut, hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang memberikan pendapat dan pandangannya mengenai dinamika tahapan pemilu saat ini.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Lebak, Asep Rizal Murtadho menjelaskan pentingnya peran serta mahasiswa dalam memberikan edukasi aturan kepemiluan terutama dalam konteks pengawasan.

“Mahasiswa sebagai kelompok intelektual memainkan peran penting dan harus menjadi promotor membangun kesadaran masyarakat demi mewujudkan pemilu yang berintegritas dan demokratis,” jelas Rizal.

Lebih lanjut Rizal mengatakan, tidak kalah penting adalah peran media yang secara intensif memberikan informasi kepada khalayak dengan daya jangkau yang sangat luas bisa semakin dioptimalkan.

“Bawaslu tidak bisa berjalan sendiri melakukan tugas-tugas pengawasan. Pelibatan berbagai elemen masyarakat sangat dibutuhkan, di antaranya media dan mahasiswa yang merupakan bagian penting yang turut serta berperan mengawasi proses pemilu,” tutupnya.