Lompat ke isi utama

Berita

Pojok JDIH Harus Menjadi Pusat Laboratorium Riset Kepemiluan, Bawaslu Lebak Sambangi Kemenkumham

Pojok JDIH Harus Menjadi Pusat Laboratorium Riset Kepemiluan, Bawaslu Lebak Sambangi Kemenkumham

Jakarta, Bawaslu Lebak - Sebagai sebuah Lembaga yang mengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), Bawaslu Lebak berkomitmen menjadikan Pojok JDIH Bawaslu Lebak sebagai Pusat Labolatorium Riset Kepemiluan.

Komitmen menjadikan Pojok JDIH sebagai Pusat Laboratorium Riset Kepemiluan itu diungkapkan oleh Firman Kiki selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lebak pada saat mengunjungi Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta pada Rabu, (13/09/2023).

“Kegiatan kunjungan ke BPHN Kemenkumham ini merupakan salah satu bentuk upaya konkrit yang di lakukan Bawaslu Lebak dalam rangka meningkatkan kualitas JDIH Bawaslu Lebak dan menjadikannya sebagai labolatorium riset kepemiluan hususnya diwilayah Kabupaten Lebak” ucapnya.

Lebih lanjut Firman Kiki mengatakan, langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Bawaslu Lebak untuk merealisasikan komitmennya sehingga Pojok JDIH Bawaslu Lebak bisa menjadi tempat yang untuk orang atau Lembaga lain mencari referensi dan informasi terkait kepemiluan.

“Langkah kami yaitu, Pertama menampilkan ciri khas kewilayahan dari Kabupaten Lebak terutama berkaitan dengan kepemiluan, misal kita punya wilayah Baduy yang daerah lain tidak punya, Kedua melakukan inovasi atau pembaruan dalam penyampaikan informasi seputar pemilu kepada publik dan ketiga, kami akan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk melakukan riset atau karya ilmiah seputar kepemiluan, edukasi pemilu, yang di sesuaikan oleh kaerifan lokalnya masing-masing dan nantinya diupload di JDIH. Paparnya.

Rombongan Bawaslu Provinsi Banten beserta Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Banten saat mengunjungi Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta

Dalam kunjungan kelembagaan tersebut hadir Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal, Ade Wahyu Hidayat, Liah Culiah, Sumantri dan Zaenal Muttaqin serta Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten/Kota Se Provinsi Banten sebagai penanggung jawab Pojok JDIH Bawaslu di masing-masing Kabupaten/Kota.

Editor: Rizalul Ummam

Foto : Ivan A Muvani