Lompat ke isi utama

Berita

Mantapkan Kinerja dan Soliditas Jajaran Pengawas, Bawaslu Gelar Konsolidasi Nasional

Mantapkan Kinerja dan Soliditas Jajaran Pengawas, Bawaslu Gelar Konsolidasi Nasional

Jakarta, Bawaslu Lebak- Memantapkan Kinerja dan Soliditas Jajaran Pengawas Dalam Mengawasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, Bawaslu RI gelar Konsolidasi Nasional Bawaslu 2022 di Jakarta, Sabtu (17/12/2024).

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan pembukaan konsolnas tersebut menekankan empat hal agar Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil. Pertama kata dia, memetakan segera potensi masalah dan berbagai kemungkina terjadinya pelanggaran.

"(Bawaslu) pusat memetakan, Bawaslu provinsi memetakan, Bawaslu kabupaten kota memetakan, Bawaslu kecamatan memetakan, semuanya akan memudahkan. Perhatikan satu per-satu jangan ada yang terlewat," pesannya.

Jokowi juga menekankan agar Bawaslu melakukan perencanaan yang matang dan melakukan antisipasi. Kedua, kata beliau, fokus pada upaya pencegahan dan jangan hanya bekerja saat terjadi pelanggaran.

"(Bawaslu) tidak diam atau pasif menunggu pengaduan, tetapi sejak dini mencegah terjadinya gesekan yang bisa menimbulkan benturan-benturan sosial. Gesekan sekecil apapun segera selesaikan saat itu juga jangan tunggu membesar," tegasnya.

Ketiga, kata Jokowi, bekerja cepat, responsif dan selalu berada pada koridor hukum. "(Bawaslu harus mampu) merespon pengaduan dengan cepat, menindak dan menyelesaikan berbagai pelanggaran dengan tegas. Tidak usah ragu-ragu, pegang teguh integritas, lakukan secara adil, dan tidak memihak," tuturnya.

Keempat, ujar dia, libatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya, gencarkan pendidikan politik. "Literasi dan partisipasi masyarakat untuk menjaga pemilu yang berintegritas, berkualitas. Terlebih, partisipasi masyarakat ini akan mempermudah tugas Bawaslu," ungkapnya.

Sebagai informasi Konsolnas Bawaslu tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, anggota Bawaslu Lolly Suhenty, Puadi, Herwyn JH Malonda, dan Totok Hariyono. Anggota dan Ketua KPU, serta Anggota dan Ketua DKPP.

Ketua dan anggota Bawaslu provinsi, kabupaten kota se-Indonesia. Juga, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly.

Jajaran Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten