Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Rakornas, Lolly Suhenty : Momentum Konsolidasi Strategi Pengawasan

Gelar Rakornas, Lolly Suhenty : Momentum Konsolidasi Strategi Pengawasan

Denpasar, Bawaslu Lebak - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia menggelar acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang bertajuk Pencegahan dan Persiapan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta Penetapan Daftar Calon Tetap Pada Pemilihan Umum 2024.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) Lolly Suhenty mengatakan, momentum ini merupakan ajang konsolidasi atas hasil pencegahan dan pengawasan terhadap proses (Daftar Calon Sementara) DCS yang sedang berlangsung. Ucapnya dalam Acara yang dilaksanakan di Denpasar Bali, Senin (26/09/2023).

“Momentum konsolidasi ini juga merupakan penyusunan strategi pengawasan supaya tidak ada proses-proses yang tidak sesuai dengan tata cara dan prosesur,” kata Lolly.

“Pada konteks ini kita menemukan urgensi Divisi Pencegahan duduk bersama dengan Divisi Hukum. Kalau pencegahannya baik maka proses sengketa bisa kita tekan,” sambung Lolly.

Dalam hal proses pencegahan DCS, Bawaslu telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 29 Tahun 2023 tentang Isentifikasi Potensi Kerawanan Tahapan Pencalonan DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Sementara dalam konteks pengawasan berpedoman pada Perbawaslu 8 Tahun 2023 tentang Pengawasan Calon Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Perempuan yang akrab disapa Teh Lolly itu juga menegaskan bahwa setiap produk hukum yang dikeluarkan oleh Bawaslu harus dipastikan diterima dan dipahami sampai ke tingkatan ad-hock karena itu merupakan landasan dalam melakukan kerja-kerja kepengawasan yang harus dipedomani oleh pengawas pemilu di semua tingkatan.

Diketahui bahwa acara yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 September 2023 di Denpasar, Bali ini merupakan bagian dari tahapan persiapan menjelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 3 Oktober 2023 dan pendaftaran Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada 19-25 Oktober mendatang.

Anggota Bawaslu Lebak Asep Rizal Murtadho tengah mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bawaslu RI yang dilaksanakan di Denpasar Bali pada 26-28 September 2023